Sabtu, 16 Februari 2013

Distributor Baja Ringan -  Tren dunia konstruksi, terutama konstruksi atap bangunan, baik untuk gudang, perkantoran, pabrik maupun rumah tinggal, kini mengarah pada penggunaan material konstruksi baja ringan. Dimensi, kekuatan, keawetan, garansi serta kepraktisan dalam aplikasinya menjadi pertimbangan utama kenapa Konstruksi Rangka Baja Ringan untuk Atap (khususnya) menjadi pilihan.



Anjuran pemerintah untuk menggunakan konstruksi bangunan dengan Atap Baja Ringan pun turut mendorong ‘naik daunnya’ jenis material ini. Penggunaan Baja Ringan salah satunya ditujukan guna mengurangi penggunaan kayu. Alasan ini mendapat sambutan positif tidak hanya dari kalangan industri konstruksi, namun termasuk dari pemerhati lingkungan.

Dengan tren positif tersebut, telah merangsang bermunculannya usaha konstruksi atap baja ringan (aplikator). Dari usaha pembuatan konstruksi atap pabrik sampai penjualan bahan secara retail pun banyak bermunculan. Muncul sisi positif maupun negatif dari semakin banyaknya pilihan tawaran ‘aplikasi baja ringan’ ini. Hal tersebut harus konsumen sikapi dengan kritis dan hati-hati.

Konsumen memang diuntungkan dengan semakin banyaknya pilihan dan harga, dari kesemuanya tetap yang terutama adalah kualitas material baja ringan itu sendiri. Kualitas turut menentukan harga, meski tidak selalu demikian. Faktor keunggulan merek juga bisa menjadi faktor penentu harga dan biasanya hal ini menyangkut faktor psikologis konsumen, seperti kepuasan terhadap pelayanan, adanya surat jaminan konstruksi maupun faktor kedekatan psikologis konsumen dengan produsen/Aplikator.

Dari segi teknis, kompetisi bisa menguntungkan tatapi juga dapat merugikan konsumen. Dengan aneka pilihan kualitas dan harga, konsumen menjadi penentu. Ada banyak pilihak kualitas ketebalan, jenis bahan, bentuk profil maupun lama garansi yang diberikan oleh produsen maupun Aplikator Konstruksi Baja Ringan. Kesemuanya bisa dijadikan acuan bagi konsumen untuk menentukan pilihannya.

Keterbukaan dari produsen maupun aplikator baja ringan turut menentukan apakah konsumen akan menggunakan produknya atau tidak. Keterbukaan (penjelasan dan edukasi soal produk) menjadi faktor kunci. Selama yang dikatakan oleh produsen sesuai dengan harapan konsumen, di sinilah titik pintuk kepercayaan konsumen untuk produk material konstruksi Atap Baja Ringan maupun produk lain secara umum.

0 komentar:

Posting Komentar

untuk info dan pertanyaan tinggalkan komentar anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!